Monday, May 23, 2016

To the Greatest Mom

Aku ingin bercerita tentang peran Mama-ku dalam mengajarkan dan membudayakan menulis dan membaca dalam hidupku.

Sejak aku beranjak umur empat tahun, Mama menyuguhkan aku banyak sekali buku-buku. Pada awal-awalnya, buku-buku tersebut hanya 5-7 halaman – sangat tipis dengan banyak ilustrasi berwarna-warni. Ada beberapa yang berbahasa Inggris dan ada yang berbahasa Indonesia. Setiap hari, setelah belajar dan sebelum tidur, Mama akan selalu duduk disampingku sambil membacakan salah satu buku yang ia telah beli.

Karena sering mendengarkan Mama membaca, aku menjadi terbiasa membaca kalimat-kalimat dan mengingat kata-kata dalam buku. Dan dari situ aku mulai bisa membaca sedikit demi sedikit, walaupun hanya bisa membaca satu buku cerita. Buku pertama yang kubaca adalah cerita mengenai perjalanan liburan seekor beruang bersama kudanya, dan seekor katak yang ternyata telah bersembunyi didalam ember pakan kuda. Tidak hanya itu, Mama juga membuat kalimat-kalimat yang di-print dan di-laminating untuk berlatih membaca. Meskipun awalnya aku agak lambat membaca, Mama tidak memaksa aku untuk belajar dengan cepat.

Take your time,” kata Mama.

Ternyata membaca itu tidak semudah yang kupikirkan. Butuh hampir satu tahun untuk hanya belajar membaca buku cerita tersebut. Setelah aku mulai lancar membaca, Mama mengajarkan aku menulis. Dari kata ke kalimat dan akhirnya menjadi sebuah cerita pendek.

Karena aku senang membaca dan menulis, Mama membuat perjanjian bahwa satu bulan sekali, kita akan pergi ke toko buku. Biasanya kita bisa menghabiskan 1-2 jam di toko buku hanya untuk memilih buku tepat yang ingin kita baca.

Lama-lama aku mencintai menulis dan membaca, dan dari situ, aku suka membuat cerita-cerita pendek dan essay Sains. Aku latihan setiap hari, mengasah kemampuanku dalam menulis dan merangkum sub-subject Sains.

Sampai sekarang, Mama mengarahkan aku untuk menulis buku karena kesukaan menulisku.

Author's Note:
Hi, everyone! I know it's been a while, but I've been gathering up some stories and summaries for me to upload in my blog, so I hope it would be worth the wait. 
So, anyway, happy (late) International Mother's Day! (which is supposed to be on the 8th of May)
See you in more of my posts! 

No comments:

Post a Comment